“Korps Sukarela PMI Universitas Muria Kudus Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah”

Para peserta donor darah sedang melakukan pendaftaran. (Foto : Istimewa) 

KUDUS, Penakampus.id - Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Muria Kudus menggelar kegiatan donor darah yang bertujuan untuk mewujudkan rasa peduli dan suka rela di antara masyarakat kampus. Acara ini adakan di Aula Masjid Universitas Muria Kudus pada tanggal 8 Maret 2023.

Ketua acara kegiatan donor darah Intan Nur Aini, menjelaskan bahwasanya kegiatan ini diadakan untuk mendukung kebutuhan transfusi darah dan mendorong kesadaran akan pentingnya menyumbangkan darah.

“Kami ingin melibatkan masyarakat Universitas Muria Kudus,yaitu para karyawan dan mahasiswa, dalam kegiatan ini,” ujar intan.

Proses persiapan acara donor darah dilakukan dengan matang, dari penyusunan undangan,mengundang delegasi dari organisasi kemahasiswaan, kerjasama dengan berbagai pihak seperti PMI, serta promosi melalui media sosial dan pamflet. syarat dan ketentuan bagi mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya juga telah diatur dengan ketat, untuk memastikan keselamatan dan keamanan bagi para pendonor.

”Untuk memastika keselamatan dan keamanan bagi para pendonor itu di perlukan pengecekan darah dan tensi  jika lolos dalam pengecekan kesehatan baru nanti boleh ikut donor darah” ujar intan

Muhammad Ari Susendra, yaitu salah satu pendonor darah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, mengatakan bahwa ia tertarik untuk berpartisipasi karena ingin berbagi dan merasa bahwa donor darah juga bermanfaat untuk kesehatannya. “Selain untuk berbagi donor darah juga menyehatkan,” ujar ari.

Meskipun mengalami sedikit ketidaknyamanan seperti linu dan lemas setelah mendonorkan darahnya, Muhammad Ari Susendra tetap merasa bahwa kegiatan ini bernilai dan bermanfaat untuk dilakukan.

Secara keselurughan, kegiatan donor darah ini berhasil menarik sejumlah partisipan. Dari target 75 calon pendonor, meskipun tidak semua lolos dalam pemeriksaan kesehatan, kegiatan ini tetap berlangsung dengan sukses, menandai semangat kepedulian terhadap sesama manusia di lingkungan kampus Universitas Muria Kudus. (MYD/INT)

0/Komentar