Peralihan Lahan Parkir Menjadi Area Pujasera

Lahan parkir yang akan dijadikan Pujasera. (Foto:istimewa)

KUDUS, Penakampus.id
– Universitas Muria Kudus (UMK) memiliki rencana pembangunan Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) yang akan dibangun di depan gedung Teknik Mesin UMK yang sekarang menjadi tempat parkir mahasiswa.

Rencana mengubah area parkir yang terletak didepan gedung Teknik Mesin menjadi tempat Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada) atau lebih sering dikenal sebagai foodcourt, sedang dalam pertimbangan oleh pihak yayasan dan berbagai pihak terkait. Wakil Rektor II, Solekhan mengungkapkan bahwa rencana ini telah diajukan sejak tahun 2021, tetapi belum direalisasikan hingga saat ini.

"Rencana ini (pembangunan Pujasera) sebenarnya sudah dari 2021 diusulkan oleh yayasan, namun saya tidak tau kenapa belum dieksekusi pembangunan nya sampai sekarang. Beberapa waktu lalu dari pihak yayasan menyetujui untuk memakai lahan parkir di depan gedung teknik mesin untuk relokasi area pujasera" ungkap Solekhan saat sesi wawancara

Pembangunan area Pujasera ini diharapkan dapat memberdayakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum. Solekhan juga mengusulkan agar Pujasera ini dibangun dengan atap, agar pengunjung terutama mahasiswa dapat merasa nyaman ketika istirahat. Saat ini sudah ada beberapa pedagang yang berjualan namun belum ada realisasi bangunannya. 

"Jadi, daripada jajan keluar kan lebih baik kalau disediakan dari kampus. Saya kemarin juga mengusulkan untuk dibangun gedung atau bangunan yang ada atapnya gitu agar mahasiswa tidak kepanasan maupun kehujanan jadi lebih enak dan nyaman waktu istirahatnya." ujar Solekhan, Wakil Rektor II

Sementara itu, terkait area parkir bagi mahasiswa sendiri masih dalam pembicaraan pihak yayasan mengenai penambahan parkir di lahan sekitar kampus yang masih kosong. Rencana peralihan lahan parkir menjadi area Pujasera ini sendiri diharapkan bisa segera terealisasikan. 

Dengan demikian, perubahan ini diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan kuliner mahasiswa dan masyarakat umum, tetapi juga menjadi wadah bagi UMKM untuk berkembang. Namun, proses pembangunan masih dalam tahap pertimbangan dan menunggu keputusan dari pihak-pihak terkait.(nra/mya/rar)


0/Komentar