Ormawa UMK Gelar Penggalangan Dana untuk Korban Banjir Demak

 

Ormawa UMK dalam aksi galang dana korban banjir Demak, Minggu (11/2). (Foto : Istimewa)

KUDUS, Penakampus.id - Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Muria Kudus (UMK) menunjukkan kepedulian terhadap korban banjir Demak melalui penggalangan dana pada Minggu (11/2) di Car Free Day (CFD) Alun-Alun Simpang 7 Kudus.

Keputusan aksi penggalangan dana ini diambil setelah melalui sosialisasi rapat yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Mahasiswsa (Ormawa) UMK. Jajaran Ormawa diberi kesempatan untuk berkontribusi dalam mengumpulkan dana dalam rentang waktu 7 hari yakni tanggal 11 - 17 Februari. Pada teknis pelaksanaan, Ormawa dibagi dalam 2 kelompok, yakni Kelompok Eksekutif yang terdiri atas Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMA), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UMKF), dan Badan Eksekutif Fakultas (BEM Fakultas) serta Kelompok UKM yang terdiri dari 15 Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKM U).

Aksi penggalangan dana dijadwalkan tersebar pada 16 titik di Kabupaten Kudus. Kelompok Eksekutif mengambil bagian 10 titik dan 6 titik lainnya oleh Kelompok UKM. Usai rapat, Kelompok Eksekutif menetapkan tanggal pelaksanaan penggalangan dana pada Minggu (11/2) dengan menyasar acara CFD di Alun-Alun Kudus.

Proses penyaluran dana dilakukan melalui perwakilan dari setiap Ormawa, yang turun langsung untuk menyalurkan bantuan ke posko-posko yang telah ditentukan. Dana yang terkumpul berasal dari berbagai sumber, baik dari hasil penggalangan dana secara langsung, maupun yang terkumpul secara virtual. Partisipan dalam kegiatan penggalangan dana ini melibatkan lebih dari 80 orang dari berbagai Ormawa, termasuk BEM Fakultas, HIMA, UMKF, serta kelompok kajian lainnya.

Meskipun mengalami beberapa kendala salah satunya seperti kekurangan kardus, namun Koordinator Lapangan Eksekutif, In'am, menyatakan bahwa kegiatan tersebut tetap dapat berjalan lancar dan penuh semangat.

"Ormawa UMK peduli kemanusiaan. Dan jangan hanya mengutuk kegelapan tapi jadilah lilin-lilin pencahayaan dalam kegelapan," ujar In'am mengajak semua pihak untuk terus berkontribusi dalam upaya kemanusiaan.


Berikut ini adalah rincian pemasukan hasil penggalangan dana per 11 Februari 2024:

    - Pemasukan dari Aksi Galang Dana #OrmawaUMKPeduli sebanyak Rp 19.556.500

    - Pemasukan Galang Dana Online (Virtual Account) sebanyak Rp. 1.489.000

Penggalangan dana masih dibuka hingga tanggal 17 Februari 2024 dapat melalui virtual account (DANA: 085740989755, BRI: 131401010547535) A.N Siti Noor Arofah. 


(nsw/rar/yus)


0/Komentar