GenBI UMK Ajak Digitalisasi UMKM Lewat Sosialisasi QRISPIK

Foto bersama setelah acara sosialisasi. (Foto: Istimewa)

KUDUS, Penakampus.id – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan sosialisasi QRISPIK (QRIS dan Si APIK). Acara ini dilaksanakan pada (18/2) yang bertempat di aula balai desa Tumpang Krasak.

Acara dihadiri oleh seluruh masyarakat pelaku UMKM di desa Tumpang Krasak, dengan mengusung tema “UMKM Goes To Digitalization”. Pada acara ini juga turut mengundang Nailissa’adah dari pegawai Bank Negara Indonesia (BNI) dan Radita Meilariza sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia 2023.

Narasumber Si APIK, Dita sapaan akrabnya menyebut aplikasi Si APIK sendiri penting digunakan oleh UMKM untuk mencatat pelaporan keuangan dan menggambarkan kondisi keuangan usaha secara akurat.

“Si APIK sendiri merupakan suatu sistem pencatatan keuangan sederhana, cepat, dan mudah yang dapat membantu UMKM untuk mencatat pelaporan keuangan suatu usaha,” ujarnya.

Terdapat lima fitur unggulan pada Si APIK yang disingkat SMASH (Standar, Mudah, Aman, Sederhana, dan Handal). Si APIK sendiri tersedia dalam dua versi, yaitu SIAPIK Mobile dan SIAPIK Web.

Sementara itu, narasumber QRIS, Nailissa’adah turut mengajak pelaku UMKM di desa Tumpang Krasak untuk menggunakan QRIS. QRIS sendiri merupakan metode pembayaran menggunakan QR Code dari Bank Indonesia. Nailis berharap setelah sosialisasi ini, para pelaku UMKM dapat mengetahui dan menggunakan QRIS pada usaha mereka. (hwm/uly)


0/Komentar