Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif, FKIP UMK Selenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa

Pemateri memaparkan materi pada saat workshop berlangsung (foto:Aisyah/Pena Kampus)

 KUDUS, Penakampus.id
- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar workshop tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “Membangun Potensi Diri untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif Melalui Program Kreativitas Mahasiswa”. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai 4 pada Rabu (10/1). 

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa FKIP dari berbagai program studi, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika (PMAT), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

Ketua acara Ahdi Riyono, mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM. "Tujuan dari acara ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM agar bisa diterima," ujarnya.

Pada workshop tersebut, Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd., selaku reviewer PKM Nasional dan dosen PMAT FKIP UMK, menyampaikan materi tentang bagaimana cara membuat proposal PKM yang baik dan dapat diterima.

Savitri mengatakan bahwa proposal PKM mahasiswa UMK mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, pada tahun 2020 dan 2021, jumlah proposal yang diterima mengalami penurunan. Pada tahun 2022, jumlah proposal yang diterima meningkat menjadi 20 proposal. Kemudian, pada tahun 2023, jumlah proposal yang diterima meningkat lagi menjadi 52 proposal.

"Tepatnya 2 tahun pada tahun 2020 dan 2021 proposal mahasiswa yang diterima mengalami penurunan, untuk tahun 2022 mengalami peningkatan dimana sekitar 20 proposal diterima, selanjutnya ditahun 2023 kurang lebih 52 proposal mahasiswa berhasil diterima," kata Savitri.

Savitri berharap, proposal PKM mahasiswa UMK dapat terus meningkat setiap tahunnya. Ia juga berharap, budaya ilmiah mahasiswa dapat lebih ditingkatkan.

"Harapan saya untuk tahun berikutnya semoga meningkat lagi proposal mahasiswa yang masuk dan lolos selain itu juga saya mengharapkan adanya peningkatan untuk budaya ilmiah mahasiswa agar UMK bisa mempertahankan gelar juara kita karena UMK masuk sebagai universitas penyumbang proposal PKM terbaik nasional untuk klaster tiga," ujarnya. (anw/prm)


0/Komentar