Kudus Book Party: Gerakan Membaca Lewat Komunitas Buku

 

Para peserta komunitas Kudus Book Party foto bersama selepas kegiatan. (Foto: Istimewa)


KUDUS, penakampus.id – Komunitas baca buku “Kudus Book Party” kini mulai hadir di Kudus. Komunitas yang di dalamnya berisi kegiatan membaca buku bareng ini perdana diadakan di Taman Oasis Djarum, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus, Sabtu (27/1/2024).

Komunitas Kudus Book Party ini bertujuan membuat masyarakat lebih semangat dalam membaca. Salah satu kegiatan di Kudus Book Party yaitu, sharing session dimana satu per satu peserta membagikan kesimpulan dari buku-buku yang telah mereka baca.

Elin, salah satu tim dari Kudus Book Party menjelaskan bahwa Kudus Book Party merupakan bagian dari Jakarta Book Party di mana komunitas tersebut memang membuat komunitas ini menyebar menjadi beberapa region, salah satunya di Kudus.

 “Kudus Book Party masih menjadi satu bagian dari Jakarta Book Party. Nah, awalnya itu emang Jakarta Book Party itu doang, tapi entah kenapa tiba-tiba dari mereka itu berinisiatif buat per region gitu, salah satunya ada Jawa Tengah  sampai minggu ini itu totalnya ada 21 kota yang tersebar,’’ Ujar Elin saat diwawancarai.

Elin juga memaparkan jika awalnya kepengurusannya secara dadakan dan baru aktif di minggu-minggu terakhir dan hanya beberapa anggota yang sekiranya aktif di grup untuk mengadakan Book Party.

“Jadi, aku cuma mengajak orang-orang yang sekiranya aktif di grup, yang respon terus dari teman yang aku kenal terus kita nyoba-nyoba aja adain, dan enggak nyangka juga kalau bisa ramai, karena awalnya dulu di Jogja juga awalnya cuma 4 atau 5 orang, mungkin karena waktu itu Jakarta Book Party belum se-hype sekarang,” Papar Elin. 

Untuk kegiatan Kudus Book Party ini sendiri dari tim belum ada kepastian akan diadakan berapa kali, bagi yang ingin ikut bisa memantau instagram @jktbookparty. Ia berharap kegiatan Kudus Book Party ini bisa diadakan secara rutin dan bisa membawa spirit literasi di Kota Kudus.

(OCA/PJL/FRS/IDR)


0/Komentar