Hari Pertama Entry KRS, Portal Akademik UMK Bermasalah

 

Tampilan halaman Portal Akademik UMK tidak dapat diakses. Kamis (25/1)
Foto : Istimewa

KUDUS, Penakampus.id – Portal Akademik Universitas Muria Kudus (UMK) mengalami down saat proses entry Kartu Rencana Studi (KRS) hari ini Kamis, (25/1) pagi. Meskipun kerap disinggung terkait kualitas sistem yang kurang memadai oleh para mahasiswa, persoalan “portal error” masih saja mengganggu tiap semester.

Masa Entry KRS menjadi sebuah rutinitas awal semester di perguruan tinggi tak terkecuali Universitas Muria Kudus (UMK). Mahasiswa perlu menginput matakuliah yang akan ditempuh selama satu semester kedepan. Di UMK, proses entry KRS dilakukan melalui sistem website bernama Portal Akademik dan pada semester genap 2023/2024 ini dijadwalkan berlangsung dari 25 Januari hingga 2 Februari mendatang.

Kendati demikian, terdapat sejumlah permasalahan terjadi pada Portal Akademik yang berpotensi menghambat jalannya entry. Pada hari pertama pengisian KRS, Portal Akademik diketahui mengalami down mengakibatkan sebagian mahasiswa tidak dapat masuk ke sistem. Muncul peringatan “The Server didn’t respond in time.” saat proses masuk pengguna. Masalah juga muncul ketika pengguna berhasil masuk dan mengakses menu Tambah Matakuliah, halaman yang semestinya menampilkan matakuliah terlihat kosong dengan peringatan “Pengambilan data KRS tidak berhasil”.

Salah satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Ginathan Violina menceritakan kekesalannya saat mendapati masalah pada Server Portal Akademik ketika akan mengisi KRS. Dirinya mengaku kecewa saat mendapati jadwal matakuliah yang akan dipilih tidak tersedia seluruhnya di Portal Akademik.

“Capek, percuma kalau bisa login tapi tidak ada isinya,” katanya.

Permasalahan Portal Akademik bukan baru terjadi pada tahun ini saja, salah satu mahasiswa Sistem Informasi, Anis Fakhriyyah juga mengungkapkan selama 6 semester dirinya kuliah persoalan tersebut selalu muncul saat entry KRS.

“Di tahun-tahun sebelumnya juga begitu,” ungkapnya.

Dirinya juga menekankan perlunya pembaharuan pada sistem Portal Akademik agar masalah semacam ini lekas teratasi dan tidak mengganggu mahasiswa.

“Ya pokoknya jangan lemot, harus segera diperbarui sistemnya. Mahasiswa juga capek kalau disuruh sabar terus. Sebisa mugkin jangan terjadi lagi,” tegasnya.

Rencananya terdapat 6 Program Studi yang dijadwalkan melakukan Entry KRS pada hari ini Kamis (25/1), masing-masing adalah Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Sistem Informasi, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Matematika. Hingga artikel ini diterbitkan, sistem Portal Akademik masih belum dapat diakses oleh mahasiswa. (yus)


0/Komentar